Toyota Calya



Toyota Astra Motor (TAM) telah sukses merilis mobil berbasis MPV dengan kapasitas 7 penumpang ini. Mobil besutan Toyota ini dibekali spesifikasi dan beragam fitur menarik di kelasnya, berkaitan dengan hal tersebut harga yang terjangkau menjadi prioritas utama. Nampaknya Toyota Calya menjadi jawaban bagi anda yang sedang bingung mencari mobil murah namun mempunyai spesifikasi yang mumpuni. Kali ini kami akan membantu anda untuk memberikan ulasan lengkap tentang spesifikasi Toyota Calya.

Simak ulasan berikut ini :

Eksterior

Tampilan sederhana menjadi ciri kemewahan Calya, yang bisa dibilang adik dari Toyota Avanza. Pada wajah depannya hadir dengan lekukan atau sudut yang tajam, bergeser ke bagian tengah terdapat list beraksen krom yang disematkan logo ‘Burung Garuda’. Pada bagian bawah terdapat kisi-kisi udara yang berbentuk trapesium, aksen krom juga disematkan pada bumper depan bagian bawah yang dikombinasikan dengan lampu fog lamp pada sisi kiri dan kanan.
Toyota Calya Eksterior / Prasetyoandi
Body yang panjang terlihat jelas pada bagian samping, dengan garis tipis yang terbujur dari bagian depan hingga belakang yang berkolaborasi dengan spion elektrik di kedua sisi samping mobil ini. Ciri khas mobil berpenumpang 7 orang ini terdapat pada ruang kosong dengan sudut runcing  di bagian kaca baris kedua. Pada buritan belakang terdapat kemewahan, lekuk body dengan lampu yang berbentuk huruf ‘L’ terbalik diambil dari desain sang kakak, yakni Toyota All-new Kijang Innova dengan pemanis reflektor horizonal di pintu belakang. Kemewahan juga ditimbulkan pada List krom dengan logo Toyota serta 2 sensor parkir pada bagian bawah bumper.

Toyota Calya Eksterior / Prasetyoandi

 

Interior

Setelah membahas bagian luar Toyota Calya, mari Kita masuk untuk melihat kabin serta fitur apa saja yang dihadirkan Toyota pada MPV satu ini.
Kenyaman menjadi kesan pertama saat anda memasuki kabin yang luas dari Toyota Calya, dengan mengadopsi sistem multi layer dashboard. Mulai dari stir yang hadir dengan 2 warna dan terdapat finger rest pada sisi kiri dan kanan bagian dalam stir dengan logo Toyota di bagian tengahnya. Untuk Combination Meter Toyota kesan atraktif terpancar dengan warna amber illumination yang jelas dan nyaman saat anda melihatnya. Bergeser ke bagian tengah, terdapat fitur hiburan berupa audio (CD/MP3, Port USB, AUX, Bluetooth) yang dihiasi dengan sirkulasi AC berbentuk vertikal di kiri dan kanannya. Pada bagian bawahnya terdapat AC indikator dengan 4 tingkatan dan tuas transmisi dan knob shift lock di sudut atasnya.

Toyota Calya Interior / Prasetyoandi
Bergeser ke sisi samping sebelah kiri terdapat dashboard dengan aksen layer, yang disematkan lubang sirkulasi AC berbentuk bulat. Logo SRS airbagterdapat pada bagian atas dashboard dan ruang penyimpanan yang cukup lapang juga dibenamkan pada bagian bawah dashboard Toyota Calya. Bukan hanya itu saja, kabin Toyota Calya ini memang dirancang lebih luas sehingga dapat menampung 7 penumpang di dalamnya. Bentuk atap seperti pilar C juga diusung ke dalam kabin ini, sehingga terdapat space lapang pada bagian kepala dan kaki penumpang yang mampu menghadirkan kenyamanan ekstra pada saat anda berkendara.

Toyota Calya Interior / Prasetyoandi

 

Dimensi

Toyota Calya memiliki dimensi dengan panjang 4.070 mm, lebar lebar 1.655 mm, tinggi 1.600 mm dengan jarak sumbu roda 2.525 mm. Toyota Calya juga aman saat melibas jalanan yang berbatu dan berlubang, karena memiliki ukuran Ground Clearance 180 mm. Selain itu kenyamanan akan lebih maksimal pada saat melalui medan yang kurang bagus dengan suspensi MacPherson di bagian depan dan semi independent torsion beam pada bagian belakang. Per ulir juga dipasangkan pada bagian suspensi untuk mendapatkan tingkat peredaman yang lebih lembut dan nyaman. Toyota Calya menggunakan velg berukuran `14 inch. Untuk pengeremannya sendiri menggunakan ventilated disc pada bagian depan dan drum di bagian belakang.

Velg 14″

 

Fitur

Walaupun mobil berbasis LCGC, bicara soal fitur mobil ini juga mempunyai beragam fitur canggih yang sudah dibenamkan. Kita mulai dari fitur pendingin udara, selain sirkulasi udara di baris depan, terdapat juga blower pada baris kedua dengan tingkat kecepatan udara yang dapat diatur, sehingga hembusan udara dapat sampai pada baris ketiga.

Toyota Calya Interior / Prasetyoandi

Terdapat sandaran kepala pada kursi baris kedua hingga baris ketiga, selain itu kursi dibaris kedua sudah dilengkapi dengan fitur one-touch tumble yang berguna untuk mempermudah anda pada saat melipat kursi hanya dengan satu sentuhan saja. Dari beberapa fitur kenyamanan yang sudah disebutkan tadi terdapat fitur hiburan seperti Audio sistem yang sudah dilengkapi (CD/MP3, Radio, AUX, Port USB, Bluetooth), fitur hiburan ini sudah didukung dengan 2 speaker pada tipe E dan 4 speaker pada tipe G.

Ini yang paling penting dalam sebuah kendaraan, yaitu fitur keselamatan. Toyota Calya mempunyai 7 buah seatbelt dengan 3 titik, yang dapat menjaga posisi badan anda pada saat terjadi pengereman mendadak. Selain itu Dual SRS airbag di semua tipe Toyota Calya akan memperkecil resiko cidera pada saat terjadi kecelakaan. Fitur ISOFIX juga disematkan sebagai standar Internasional untuk pemasangan kursi bayi dan balita.

Logo ISOFIX / Prasetyoandi

Untuk sistem pengeremannya Toyota Calya sudah memakai Anti-lock Braking System (ABS) yang berkolaborasi dengan ventilated disc pada bagian depan dan drum di bagian belakang. Selain itu terdapat 2 parking sensor pada bumper belakang, yang akan memudahkan anda pada saat melakukan parkir.

 

Mesin

Mesin 3NR 1.197 cc dengan 4-silinder Dual VVT-i / Prasetyoandi

Soal dapur pacu, Toyota Calya dibekali mesin 3NR yang memiliki kapasitas 1.197 cc dengan 4-silinder segaris Dual VVT-i  yang mampu melontarkan tenaga maksimal sebesar 88 ps pada putaran 6.000 rpm dan torsi maksimal sebesar 11 kgm pada putaran 4.200 rpm. Untuk transmisinya Toyota Calya hadir dengan 2 pilihan, yakni manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan. Sebagai tambahan, konsumsi bahan bakar Toyota Calya ini mencapai 1 : 20 yang artinya 1 liter bahan bakar bisa menghasilkan jarak 20 km.

1 komentar:

  1. judi bola terbaik Pasaran Terlengkap !
    Menyediakan Pasaran Sbobet - Maxbet - Cbet
    Minimal Deposit IDR 50.000,- Raih Kemenangan Anda Sekarang Juga
    Yuk Gabung Bersama Bolavita Di Website www.bolavita88.com
    Untuk Info, Bisa Hubungi Customer Service Kami ( SIAP MELAYANI 24 JAM ) :
    WA: +628122222995
    Telegram : @bolavitacc

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.