Toyota Kijang Innova


Toyota Kijang Innova belum lama ini resmi diluncurkan oleh PT. Toyota Astra Motor (TAM). Sebelum diluncurkannya All New Toyota Kijang Innova, beberapa isu panas mengenai perubahan model dari MPV legendaris Toyota ini pun muncul, bahkan surat pesanan pembelian sudah ada saat isu All New Toyota Kijang Innova bermunculan di dunia maya. Toyota Kijang yang berarti “Kerjasama Indonesia Jepang” ini sejak dahulu memang menjadi primadona untuk mobil keluarga.
The Legend Reborn’ pada tag line memang cocok, karena lahirnya sosok mobil MPV legenda yang tampil dengan kemewahan serta fitur-fitur lebih canggih. Saat ini sang legenda telah terlahir kembali dengan nama All New Toyota Kijang Innova. Kata “All New” memang pantas dengan Toyota Kijang Innova, sebab perubahan terjadi diseluruh sektor mulai dari eksterior, interior, dan mesin.
Selain itu, pada generasi ini Toyota menghapus 2 tipe Kijang Innova yang ada pada generasi sebelumnya yaitu tipe J dan E. Kali ini All New Kijang Innova memiliki 3 tipe yaitu G untuk tipe terendah, V untuk tipe tengah serta Q untuk tipe tertinggi.  Toyota juga membenamkan dua tipe mesin yaitu yaitu 2.0 Bensin dan 2.4 Diesel.
Sebelumnya Rajamobil telah menjajal MPV keluarga ini dalam acara Journalist Test Drive di Bali. Namun untuk kali ini Rajamobil kembali ingin menelisik lebih jauh lagi mengenai MPV andalan Toyota ini. Seperti apa spesifikasi lengkapnya? Berikut ulasannya
Eksterior:
Perubahan dari All New Kijang Innova memang sangat terlihat dari eksterior. Toyota mengusung konsep tough & sophisticated. Hampir setiap sudut eksterior Mobil Toyota berubah model. Lampu yang lebih sipit dan agresif terlihat jelas, dengan projector headlamp dan day time running light yang disematkan pada tipe Q serta gril besar dengan aksen chrome membuat All New Kijang Innova tampil lebih segar dan mewah. Pada bagian lampu belakang, All New Kijang Innova mendapat sentuhan baru dengan model lebih runcing serta menyamping seperti boomerang. Lekukan pada setiap sudut bodi generasi ini memang membuat MPV satu ini terlihat lebih maskulin serta bongsor. Kesan lebih tinggi juga dipengaruhi oleh velg berdiamter 17” yang dibalut dengan ban berukuran 205/55 yang disematkan pada All New Toyota Kijang Innova tipe Q dan 16” dan dibalut dengan ban berukuran 205/65 pada tipe G dan V.
Interior:
Toyota mendesain ulang interior All New Toyota Kijang Innova, sebab interior berubah total dibandingkan generasi sebelumnya. Generasi ini memiliki banyak kemewahan yang ditawarkan, mulai dari tilt steering kemudian multi information display (MID) yang disematkan ditengah instrument speedometer, kemudian menggunakan digital instrument untuk pengaturan AC untuk tipe Q dan V. Kemudian juga penyematan ambiance light yang bisa diatur warnanya pada bagian kabin depan dan belakang untuk tipe V dan Q, Ac double cabin dengan digital panel instrument untuk tipe Q dan V. Kesan mewah juga terpancar panel wood untuk tipe Q. Kemewahan terpancar dari balutan jok berbahan fabric dengan warna hitam dan cokelat serta ditambah dengan corak serat kayu. Interior berwarna hitam untuk tipe Q dan berwarna cokelat untuk tipe G dan V. Tipe Q dan V pada jok baris kedua disematkan meja kecil yang terdapa di belakang jok baris depan. Mini Table tersebut layaknya berada didalam sebuah cabin pesawat yang senyap dan nyaman. Baris bangku captain seat tetap dipertahankan pada tipe Q serta pada tipe G dan V disematkan handrest dengan dua cup holder.
Mesin:
All New Kijang Innova dibekali dengan dua tipe mesin yaitu Gasoline (Bensin) dan DieselUntuk mesin berbahan bakar bensin memiliki kode mesin 1TR-FE  berkapasitas 2.0 liter dengan 4 silinder 16 valve DOHC. Tenaga yang dihasilkan sebesar 139PS pada putaran 5,600rpm serta torsi pada 18,7 kgm pada 4.000Rpm. Untuk mesin Diesel, All New Kijang Innova mendapatkan upgrade, yaitu menggunakan mesin  2GD FTV 4 Silinder denga  Variable Nozzle Turbo (VNT) Intercooler. Mesin diesel berkapasitas 2.4 liter ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 149PS pada putaran 3,400Rpm dan torsi 36,7kgm pada putaran 2,600rpm. Untuk kontur jalan berbukit dan perkotaan yang membutuhkan putaran awal lebih besar, maka bisa menggunakan All New Kijang Innova bermesin VNT Intercooler. Namun, apabila perjalanan jauh ada baiknya menggunakan bermesin bensin, karena pada putaran mesin diatas, bensin sedikit lebih unggul.
Keamanan, Keselamatan :
All New Kijang Innova sudah menyematkan fitur keamanan canggih untuk para pengemudi dan penumpang. Untuk fitur keselamatan, All New Kijang Innova menyematkan dual srs airbag  dan knee airbag pada semua tipe. Tapi, pada tipe Q diesel terdapat beberapa titik tambahan seperti disamping dan pada bagian tirai. Fitur canggih keyless entry juga disematkan pada tipe Q, hal tersebut memudahkan anda untuk menhidupkan mobil dengan menekan tombol saja.  Sistem pengereman ABS dan EBD menjadi fitur standart disemua varian All New Kijang Innova. Fitur canggih hill assist control juga disematkan pada tipe Q, hal tersebut menghindari laju mundur mobil saat jalan menanjak ketika perpindahan kaki dari pedal rem ke pedal gas.
Jenis Mobil         : MPV.
Transmisi             : 6-Speed Automatic/5-Speed Manual.
Tipe Mesin          : 2 GD FTV 4 Cylinders In-Line, 16 valve DOHC with VNT Intercooler (Diesel) & 1 TR-FE 4 Cylinders In-Line, 16 valve DOHC with Dual VVT-i (Bensin)
Isi Silinder            : 2,393cc (Diesel) & 1,998 (Bensin)
Max. Tenaga      : 149/3,400 Ps/rpm (Diesel) & 18.7/4,000 Ps/rpm (Bensin)
Max. Torsi           : 36.7/1,200-2,600 Kgm/rpm (Diesel) & 18.7/4,000 Kgm/rpm (Bensin)
Dimensi (PXLXT) :  4,735mm x 1,830 mm x 1,795 mm.
Wheelbase         : 2,750mm.
Ukuran Ban        : 215/55 R17 & 205/65 R16 Alloy.
Ground Clearence : –
Suspensi Depan : Double Wishbone with Coil Spring and Stabilizer
Suspensi Belakang : 4 Link with Coil Spring and Lateral Road
Rem Depan       : Ventilated Disc
Rem Belakang  : Drum
Sistem Rem        : ABS & EBD
Harga : Rp.282  juta s/d Rp.423 juta

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.