Toyota Agya

Toyota Agya berhasil mengambil perhatian masyarakat dengan model city car yang memiliki bodi kompak serta handal untuk melibas jalanan dalam kota. Segmen LCGC memang terkesan ringkih, namun hal tersebut dapat ditepis oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) dengan membenamkan fitur keselamatan dan kenyamanan.

Dok TAM
Dok TAM

Popularitas Toyota Agya sudah tidak bisa dipungkiri lagi, Agya memiliki desain yang cenderung umum artinya bisa dipakai oleh segala kalangan. Dari hasil uji kelayakan tingkat Asia Tenggara, Agya mendapatkan rating 4 dari 5 dari hasil pengujian oleh ASEAN NCAP.
Dibalik kap mesin telah bersandar mesin berkapasitas 1.000 cc berkode 1KR 12 dengan 3 silinder 12 katup DOHC. Mesin ini cukup bertenaga, dan efisien untuk dalam kota tapi tak bisa dipungkiri juga melibas luar kota.
Desain Bodi Mungil Namun Tetap Stylish
Tampilan fisik Toyota Agya membawa kesan city car yang mengusung konsep fun driving. Toyota semaksimal mungkin menghadirkan Agya yang disesuaikan dengan karakter pengemudinya. Toyota Agya memiliki beberapa tipe yaitu E, G dan TRD S.

Dok TAM
Dok TAM

Bagian eksterior E dan G cenderung sama, namun, untuk varian E tergolong rendah sebab belum menggunakan Alloy Wheel, sedangkan tipe G sudah menggunakan Alloy Wheel berukuran 14”.

Dok TAM
Dok TAM

Bagian grill tipe E dan G dibuat menyambung antar lampu serta ditambah dengan fog lamp bulat yang membuatnya semakin manis. Bagian samping Toyota Agya memiliki ciri khas Toyota, yaitu model minimalis serta ditambahkan dengan aksen chrome yang melintang sepanjang bodi. Selain itu untuk tipe teratas TRD S, mengusung model yang sama tapi dengan penambahan bodikit TRD yang membuat tampilan Agya lebih sporty.
Selain itu, karena TRD S tipe teratas, maka sudah dilengkapi dengan electric outer mirror. Berpindah ke bagian belakang, Toyota Agya memiliki desain lampu tegak yang minimalis. Bedanya untuk tipe TRD S, agak sedikit melompong untuk menambahkan kesan sporty.
Interior cukup lapang dan nyaman
Setelah mengupas eksterior, kemudian masuk kebagian interior. Toyota Agya menghadirkan interior yang cukup baik dikelasnya, karena Toyota tidak mau mengorbankan interior untuk menekan angka produksi. Interior Agya didominasi dengan warna abu-abu dan hitam. Aksen silver membuat desain interior Agya terlihat manis.

Dok TAM
Dok TAM

Desain minimalis pada Toyota Agya membuatnya cukup mudah dikendarai. Sama halnya dengan LCGC lainnya, Toyota Agya dibekalidengan panel AC, power windows, serta Agya sudah dilengkapi dengan seatbelt dengan teknologi baru. Agya membenamkan model ISOFIX untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi penumpang, serta keamanan ketika penumpang sedang membawa bayi.
Untuk bagian belakang, Toyota Agya menghadirkan leg room yang cukup lega dikelasnya. Walaupun mobil ini terlihat secara eksterior, namun tidak buat interiornya. Untuk penumpang belakang, Agya cukup nyaman serta volume bagasi yang besar dikelasnya.
Dimensi Kompak Ala LCGC City Car
Desain LCGC memang tidak perlu besar, tapi juga tidak sempit. Secara fisik, Agya memiliki dimensi sebesar 3600 mm x 1600 mm x 1520 mm dengan bobot kosong 180 kg. Walaupun tidak besar, untuk interior Agya terasa lapang dikelasnya dan tidak perlu berdesakan ketika berada didalamnya. Untuk jalan-jalan dalam kota dengan tingkat mobilitas tinggi, Agya sangat cocok menjadi teman bepergian. Selain perjalanan dalam kota, Agya juga bisa digunakan untuk perjalanan luar kota walaupun manuvernya tidak terlalu maksimal.

Dok TAM

Berkat kaki-kaki yang handal serta ground clearance yang tinggi, membuat Agya tetap bisa melibas perjalanan luar kota. Agya dibekali dengan suspensi MacPherson Struts dengan pegas koil untu bagian depan, dan semi independent torsion axle beam dengan pegas koil dibagian belakang. Berbekal suspensi yang mumpuni, Agya memberikan kenyamanan dan stabilitas tinggi dalam berkendara.
Dapur Pacu Lebih Efisien dan Bertenaga
Dibalik kap mesin Toyota Agya telah bersandar mesin berkapasitas 1.000 cc berkode 1KR 12 dengan 3 silinder 12 valve DOHC. Mesin 3 silinder Toyota Agya tidak perlu diragukan, sebab, mesin ini mampu menghasilkan performa yang cukup besar. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 65,3 Hp pada putaran 6.000rpm, serta torsi sebesar 88kgm pada putaran 3.600 rpm.

Dok TAM
Dok TAM

Dengan torsi yang cukup besar di kelasnya, Agya semakin lincah di daerah perkotaan. Agya memiliki akselerasi yang cukup tinggi, serta perpaduan bodi mungil membuatnya nyaman dikendarai dalam kota dengan tingkat mobilitas tinggi. Untuk efisiensi bahan bakar Agya sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Konsumsi BBM Agya terbilang sangat irit, sebab sudah menggunakan mesin berteknologi Electronic Fuel Injection (EFI).
Fitur Keselamatan dan Kenyamanan Hadirkan Rasa Aman

Dok TAM
Dok TAM

Mobil LCGC memang terkesan ringkih, namun jangan salah dengan Toyota Agya. Toyota Agya sudah mendapatkan sertifikat international tingkat Asia Tenggara untuk sistem keamanan. Dari hasil uji tabrak yang dilakukan oleh ASEAN NCAP, Toyota Agya memperoleh rating 4 dari 5. Toyota Agya dilengkapi dengan fitur keselamatan Dual SRS Airbag yang menjadi fitur standar disemua tipe. Selain itu terdapat body structure reinforcement yang melindungi seluruh bodi Agya saat terjadi benturan.
Sabuk pengaman Toyota Agya juga sudah menggunakan pretensioner dan forsce limiter, serta jok ISSOFIX yang memberikan rasa aman ketika membawa bayi agar tidak terlepas ketika terjadi kecelakaan.

Dok TAM
Dok TAM

Untuk fitur keamanan, Agya sudah dilengkapi dengan 5 alarm setting. Untuk fitur kenyamanan, Toyota memberikan kemudahan untuk mengatur spion dengan electric mirror, serta power steering electric, AC, power door lock, power windows, dan juga Eco Indicator untuk megetahui konsumsi bahan bakar. Untuk entertainmennya, Agya sudah dilengkapi dengan 2 DIN yang dilengkapi dengan multi information display (MID). [yog]
Spesifikasi Toyota Agya

Jenis Mobil : LCGC.
Transmisi : 4-Speed Automatic/5-Speed Manual.
Tipe Mesin : 3 Silinder sejajar, 12 katup, DOHC/3 cylinder, 12 Valves, DOHC
Max. Tenaga : 65.3/6000 rpm.
Max. Torsi : 88/3600 rpm.
Dimensi (PXLXT) : 3.600 mm x 1.600 mm x 1,520 mm.
Wheelbase : 2 450 mm.
Ukuran Ban : 155/80 R13 with steel & wheel cap.
Ground Clearence : –
Suspensi Depan : Macpherson Strut with Coil Spring.
Suspensi Belakang : Semi independent torsion axle beam dengan pegas koil
Kapasitas Tangki : 33 Liter.
Jenis Bahan Bakar : Bensin.
Harga : Rp114 juta s/d Rp136,6 juta.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.